Tuesday, 17 April 2012

Curahan Hati Penderita Trichotillomania

Dear Semuanya,
Hari ini tanggal 7 Maret 2012. Hari ini, aku membaca istilah baru waktu aku buka Google. Trichotillomania. Haha. Aneh ya namanya?
Tapi aku hari ini juga tau,kalau selama ini aku mengidap penyakit ini. Selama bertahun-tahun. Selama ini aku kira ini hanya sebuah kebiasaan jelek. Kebiasaanku mencabuti rambut sejak aku duduk di bangku SD. Kebiasaan yang membuatku dijauhi teman2ku karena melihatku aneh. Kebiasaanku ini juga membuat rambutku pitak. Dan hari ini aku tau kalau itu adalah penyakit. Penyakit mental. Masih belum pasti apa itu ada sangkut-pautnya sama kelainan saraf di otak. Tapi semoga tidak begitu.
Saat SD sering aku diejek dan dijauhi oleh teman2 karna kebiasaanku ini membuat penampilanku jadi ga karuan. Rambut adalah mahkota wanita. Oke, that’s true... Penampilanku saat itu, rambut di kepalaku hampir botak, bulu mataku pun cuma tinggal yang sebelah kiri. Ga tau ya, aku sadar kalau perbuatanku yang suka cabut-cabut rambut itu salah. Sampai waktu itu aku sering dimarahi Ibu dan dipukul sama kakakku kalau tanganku terlihat mulai memilin-milin rambut. Tapi, sensasinya itu lho. Aku paling suka rasanya saat rambut tercabut dari kulitku. Ga sakit kok, justru setiap satu helai rambut yang tercabut, hal itu memberikan rasa lega. Gatal-gatal enak gimana gitu. Aku juga paling suka mengamati akar rambutku yang warnanya hitam. Itu kelainan, I know that clearly. Tapi itu semakin lama semakin parah. Aku bahkan tanpa sadar bisa mencabuti rambut. Benar-benar tanpa sadar! Aku pernah dibawa ke dokter kulit sama Ibuku waktu aku kelas 6. Minta obat penyubur rambut. Ibuku cerita soal kebiasaan anehku itu ke dokter. Dokter menyarankan Ibuku untuk membawaku ke psikiater. Tapi aku kan ga gila. Please deh, itu cuma kebiasaan aneh. Dan aku akan buktikan kalau aku bisa menghentikannya. Well, ternyata berhasil. Aku bisa sembuh.
Tapi tebak, ‘kesembuhan’ itu hanya bertahan sekitar satu tahun. Dan saat aku di kelas 2 SMP,hal itu berlanjut. Keluargaku udah pasrah liat aku kayak gitu. Aku malu, itu sudah pasti. Tapi sensasi dari mencabut rambut bisa mengalahkan rasa maluku. Wow... Aneh, aneh! Aku sering frustasi karena ga punya teman. Ingin aku berubah. Tapi hal itu malah semakin membuat tanganku dengan sendirinya mengarah ke kepala, menarik satu helai rambut, dan... Dut. Tercabut. Begitu terus sampai tanganku berhenti dengan sendirinya karna kelelahan. Teman-temanku tau, apalagi yang sudah satu kelas denganku saat SD. Wah, benar-benar kayak di neraka jahanam.
Saat masuk SMA, duniaku mulai berubah. Duniaku, bukan kebiasaanku. Karna di SMA ini teman yang berasal dari SD dan SMPku sedikit, aku bisa total memperbaiki kepribadianku. Kepribadian lho, bukan kebiasaan. Aku masih suka mencabuti rambut. Tapi karna di SMA ini entah aku yang sudah bisa bersosialisasi atau memang teman2ku yang menerimaku apa adanya, aku punya baaanyaak teman. Mungkin teman2ku tau, tapi mereka pura-pura ga tau. Aku lebih nyaman dengan hal itu. Apalagi pacar-pacarku saat itu ga complain sama kebiasaanku ini. Aku bener-bener jadi ga ada motivasi buat menghentikan kebiasaanku mencabuti rambut. Padahal terang-terangan rambutku itu pitak dan aku ga pakai wig. Tapi aku ga bodoh di kelas, banyak yang memuji kalau aku pintar. Mereka terkadang meminta bantuanku untuk mengajari soal-soal pelajaran. Aku anggota OSIS, ditambah aku bisa menang saat Olimpiade Sains. Itu membanggakan. Dan teman2 semakin banyak, mereka tidak memandang pada keadaan rambut dan kebiasaanku lagi. Saat-saat itu benar-benar menyenangkan. Aku punya pacar,yang sampai sekarang dia masih setia mendampingiku, dan teman2 se-geng yang baik hati. Aku dikenal adik-adik dan kakak-kakak kelas, juga guru-guru. It’s wonderful. Aku bahagia.
Saat ini aku berumur 19 tahun. Aku sekarang kuliah semester 4 di sebuah perguruan tinggi negeri di Malang. Dan kuakui, sampai detik ini, aku masih seringkali mencabuti rambut. Memang tidak separah dulu waktu SD. Kalau saat SD dulu, bukan pitak lagi sih namanya, tapi setengah botak. Sekarang, di kepalaku pitak-pitak kecil-kecil. Aku malu sebenernya. Aku lho udah kuliah, begitu terus yang kuteriakkan di otakku, tapi kok rasanya udah kebal ya? Hiks,hiks...
Aku pengen berubah... Waktu aku tau ternyata itu penyakit, aku langsung cerita ke pacarku. Karna pacarku itu temen sebangkuku waktu SD, jadi dia udah kenal banget sama kebiasaan jelekku ini. Tapi dia kasih aku support. Dia bilang, kamu pasti bisa sembuh kok... Ceile, so sweet banget ya....
Doain ya teman-teman... Aku pengen sembuh. Tapi mustahil kalau aku bisa berhenti nyabutin rambut cuma dalam sehari. Impossible, right? Mungkin dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit jumlah rambut yang aku cabut, lama-lama aku bisa berhenti. Amin.
Bagi kalian yang juga punya masalah yang sama sepertiku, terus semangat ya! Aku yakin, kita pasti bisa!
there is a will, there is a way
Salam Sayang,
Kisa

73 comments:

  1. jika posting ini masih dibaca.. saya juga mengalami hal yang sama, dr sd hingga skrg sdh umur 23 tahun..berhubung saya laki-laki,jadi saya sering potong rambut model botak.. saya ga kebayang kalo perempuan pasti lebih stres dr pada saya yg laki-laki..saya malah hampir yakin saya tidak waras..hahaha..tapi berusaha enjoy aja..^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Adrianus : iya,susah kalo jadi cewe,karena stresnya dobel...stres karena masalah yang sedang dihadapi,ditambah stres mikir penampilannya...huhu....
      kalau ga keberatan,sering2 share disini ya..:)

      Delete
  2. sama aku juga mengidap penyakit ini, asalnya juga sama dari Malang kan? aku pikir didunia ini hanya aku yang berperilaku seperti ini ternyata ada juga yang lain. aku sih rambut enggak malah bulu mata dan bulu alis yang aku cabuti. aku harap penderita penyakit ini sih bisa sembuh total yaahh. secepatnya. aminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. @more than words: amiiiinn..... wah,dari malang juga kah? admin juga dulu bulu mata yang dicabut..sampai bener2 habis...sekarang bulu mata udah normal..tapi yang rambut kepala malah lebih parah.. :(
      #stres lagi deh...

      Delete
  3. Trims buat Adrianus Indrajaya dan more than words yang udah bersedia share di sini..:)
    admin pengen banget punya temen yang mau diajak share tentang hal ini...
    kalau ada yang mau share lagi, admin dengan senang hati akan mendengarkan...
    boleh keluhan,ataupun masalah yang sedang dihadapi...
    kalau admin, kadang pengen banget curhat,tapi ga tau ke siapa..cz takut diejek atau di koment yg ga enak....
    tapi admin seneng banget, kalo bisa saling share dengan kalian...:D

    ReplyDelete
  4. aku juga pengen banget punya temen yang memang bner2 paham dgn keadaanku ini, tapi kyknya sulit deh. mengidap penyakit yang aneh dan gk tau penyebabnya apa kadang bingung mau jelasin ke orang kalau ditanyain kenapa jadi sperti ini. bener gk? kamu malang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup..bener banget....karna kadang alasan kita ga akan masuk ke logika mereka..tapi yang harus kita yakin tu,kita juga normal kayak mereka....:)

      Delete
  5. kalo mau sharing2 lebih dalam atau tanya2 tentang admin,bisa email aja ke souma_kisa@yahoo.com
    nanti pasti admin balas....:)

    ReplyDelete
  6. naah bener bgt tuh, sebenernya penyakit ini bisa disembuhkan gk sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok...tapi hanya ada 2 cara... :)
      1. Hipnotis
      2. Meditasi

      Ada beberapa obat yang kadang disarankan dokter. Tapi obat2 tersebut TIDAK BISA menghilangkan penyakit ini, hanya membantu meredakan stres aja (semacam obat penenang)...begitu....
      kalau harus hipnotis atau meditasi,
      waahh...bakal habis brapa duit tu?

      Delete
    2. mudah sebenarnya tinggal ada kemauan coba dibotakin sampai licin terus pakai jilbab , dan fokus dalam beraktivitas

      Delete
  7. kamu udah pernah diobatin atau semacamnya lah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum....Admin belum ada uang..hehehe :P
      kamu udah?

      Delete
  8. belum juga. keluargamu tahu tentang penyakitmu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma kakak yang tau..admin di keluarga cuma deketnya sama kakak..hehe
      ngobrolnya kalau lanjut di email gimana?

      Delete
  9. dearest Kisa,
    hmm, antara sedih dan senang baca blog nya Kisa.
    Sedih karena turut bersimpati betapa stress dan galaw banget pasti ya, tapi senang juga karena i am suffering from the same thing. Aku juga punya penyakit / kebiasaan ini sejak SD bahkan sampai sekarang ketika sudah bekerja , meskipun frekuensi nya berkurang.

    Aku belum pernah berobat kemana-mana siy, ke psikiater atau ke psikolog juga belum pernah. Meskipun mama pernah nanya ke tetangga yang kebetulan psikiater, dan dibilang bahwa ini salah satu bentuk kecemasan akut.

    Well, aku juga berharap suatu hari bisa sembuh dan punya keberanian untuk konsultasi ke psikiater atau orang yang tepat.

    Terima kasih sharing ceritanya ya Kisa,
    xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot buat Kak Sasanti yang udah mau share di sini...
      yup,admin setuju..pemicunya memang bisa karena stres atau cemas berat....
      Karena Kak Sasanti bisa mengurangi,admin percaya,pasti bisa sembuh walau mungkin bukan dalam sekejap mata...
      Smangat ya Kak! ;)

      Delete
  10. Iseng2 search di google cara mengatasi kebiasaan mencabut rambut, Aku kaget ternyata sifat buruk ku ini adalah gangguan jiwa. Aku juga kaget ternyata gak cuma aku aja yabg mengalami hal seperti ini.
    Dulu rambutku bagus bgt kak, tebal hitam terawat, tapi karna ajaran kakak sepupi ku sewaktu aku kelas 5 SD yg mengajariku mencabut rambut, hal ini jadi kebiasaan sampai sekarang aku kuliah semester 1. Aku malu sekarang. Aku jurusan psikologi tapi aku malah menderita penyakit abnormal :') sekarang kepalaku bisa di katakan hampir botak dan aku bingung mesti gimana ngilangin kebiasaan buruk ini. Mama sama papa udah nangis ngeliat sifat aku yg aneh ini. Kakak tau gak cara lain selain terapi atau meditasi buat ngehilangin sifat buruk ini? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Monica..
      Duh,admin turut sedih...admin pun juga begitu...Ibu admin sampai sekarang terus2an marahin admin kalau lagi kumat tangannya(Ibu admin belum tau kalau ini penyakit).
      yup,rambut admin pun dulu juga lebaat banget. cz walau sekarang botak di tengah,masih bisa ditutupi rambut yang lain...sedih rasanya...kadang tu nyesel,kenapa harus dicabut, tapi kalo pas kumat,ilang deh rasa sesalnya.. ;(
      #frustasi

      kebetulan banget,hari minggu kemarin ada konsultasi psikolog gratis di deket rumah admin,nah,iseng2 admin kesana deh..

      ternyata,pas curhat panjang lebar (sampe nangis2 di tempat), memang harus dicari tau latar belakang masa lalu kita..jadi ya kayak flashback gitu...cari tau,gimana sih awal pertama sangkut paut ma rambut?trus,penyebab kita suka cabutin itu apa?lalu dicari tau apakah ada problem di masa lalu kita yang bikin kita trauma...
      nah,guna terapi itu adalah buat menata hidup kita dan mengembalikan kepercayaan diri kita..
      tapi kata psikolognya,kita bisa sembuh total tanpa terapi atau meditasi, tapi mungkin memang butuh waktu yang jauh lebih lama dibandingkan dengan yang ikut terapi...begitu..
      harus banyak2 curhat ke orang lain biar kita ga stres...

      semoga berguna ya monica?keep spirit! kita itu cantik,kita itu berharga!oke!;)
      God Bless You

      Delete
  11. Sebenernya saya terkejut saat saya lagi googling buat cara mengatasi nyabutin rambut yg terus menerus yg gataunya adalah kelainan jiwa,saya sempet shock beberapa hari,selama itu saya panik,takut dsb,tapi ketakutan itu ilang sama sekali pas kalo tangan udh nge-gerayangin rambut.
    Kebiasaan ini mulai dari sekitar kelas 6sd yg terus berlanjut sampe sekarang saya duduk di kelas 1sma,waktu masuk smp jujur rambut saya agak keriting dan lebat tapi gaksampe 1semester rambut saya pitak ditengah! Pertamanya saya gak nyadar tp lama2 keliatan pas lagi ngaca,saya sempat dikatain dihina sama temen sekelas yg bikin saya jadi penyendiri,tapi sekarang udh gak terlalu cuma asal pegang2 rambut aja,gak sampe nyabutin,tapi saya yakin saya bisa sembuh,semoga semua orang yg kena kelainan jiwa ini bisa sembuh walopun saya tau itu gak gampang nahan nafsunya buat nyambutin rambutnya. Amin ya Allah! Semangat ya semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn...makasih ya Bagus...sudah berbagi cerita di sini...
      jujur,admin sempat terkejut waktu baca ceritanya Bagus...
      ternyata ada juga cowo yang punya masalah dan stres yang sama...
      yup,admin ngerti banget gimana rasanya dan menderitanya dijauhi teman2 yang lain..
      trimakasih juga buat smangatnya Bagus.....
      keep spirit!! :D

      Delete
  12. hai Lucia dan semuanya.. salam kenal.
    aku merasakan yg sama sprti teman2 semua. aku 23 tahun, mulai nyabut sejak kls 3 sd, skrg ud kerja, pake wig sejak kerja :-) aku ngerasain semua yg teman2 rasa, sedih, marah sama diri sendiri, krn kebiasaan ini ud kujalanin lebih dr separuh hidup dan harus menghadapi kemarahan ortu, tatapan aneh org2, dan pertanyaan2 yg malas bgt kujawab krn pasti soal rambutku.aku pernah ke psikiater dan diresepin anti depresan, tp obatnya malah bikin aku sakit kepala hebat, jd aku berhenti, jujur, aku putus asa, krn ud nyoba dari obat, ngalihin tangan dg belajar gitar, pake plester buat jari atau sarung tangan. untuk semuanya, semangat ya, semoga selalu ud jalan utk kita ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak ms..maaf baru bisa reply...
      yup,salam kenal :)
      trimakasih sekali kakak sudah mau berbagi pengalaman disini..
      hmm..terkadang admin juga ada keinginan buat pakai wig..tapi
      masih ragu bakal nyaman atau tidak...
      Yup,semua hal yang kakak sebutin di comment kakak,hal2 yang ga enak yang kadang kita terima,admin juga mengalami semuanya..
      kalau boleh tau,obat depresannya merk-nya apa kak?biar temen2 disini juga bisa tahu.. :)
      iya,semangat terus buat kita ya kak!admin dan teman-teman disini juga akan berjuang...
      :)

      Delete
  13. I am not aloneee... Ya Tuhan.. aku nyari-nyari info ttg penderita trich di jakarta selama ini ga pernah dapet dan hari ini sekali google lgs dapat.. Hiks.. sampe terharu..

    Aku mulai cabut rambut kelas 3 SD pernah normal kembali pas SMA sampai kuliah tapi pas mulai kerja semakin parah kembali. Dan sekarang orang-orang sudah semakin aware dengan kondisi rambutku yang semakin tipis terutama dibagian depan.

    Aku sampe join support group di website di luar negeri tapi rasanya kurang sreg dan kurang bisa mengungkapkan perasaan secara bebas.

    Sama seperti teman-teman disini aku ga bisa berhenti total. pernah berhenti 20 hari tapi tetap kambuh lagi. Semakin tambah umur, rambut semakin sulit untuk regenerasi.. jadi dulu yg bisa cepat numbuhnya lagi sekarang tumbuh tapi tipis2 dan malah jadi bener2 pitak.

    Lucia, thx udah menceritakan pengalamannya dan udah buat blog ini.

    Yang aku rasakan sekarang adalah aku perlu untuk ngobrol.. sharing ke teman-teman yang mengerti apa yang aku alami. karena aku sudah pernah cerita ke sahabat sendiri tapi tetep aja mereka ga bisa mengerti 100% apa yang kita alami.

    Moga2 blog ini jangan berhenti disini saja dan teman-teman yang memiliki pengalaman yang sama bisa saling sharing. Curhat sangat membantu sekali untuk mengurangi keinginan untuk mencabut rambut karena kita jadi AWARE/SADAR akan diri kita sendiri dan tentunya melepaskan pikiran yang selalu terendap.


    Thank you Lucia dan teman-teman. Hari ini sungguh hari yang sangat special dalam hidup saya krn saya tau saya tidak sendirian menderita ini khususnya di Indonesia.

    Harapan aku smoga bisa terus dilanjutkan sharing ini supaya kita bisa sama-sama dan saling bantu mengatasi trich kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Patricia...
      Iyaa Kaak..kakak ga sendirian disini....:)
      admin dan teman2 yang share disini memiliki kesamaan dengan kakak....
      dulu admin juga mengira kalau admin satu2nya yang punya penyakit ini...tapi waktu admin tau kalau ternyata juga banyak yang sama kayak admin, admin bahagia karna ternyata admin ga sendirian..huhuhu #terharu
      kakak sudah mencoba terapi atau meditasi belum?karena aku baca di internet dan sewaktu tanya di psikolog,kita bisa sembuh dengan terapi...
      tapi admin belum coba sih...hehehehe
      trimakasih kakak sudah mau sharing di blog admin yang sederhana lagi..kalau kakak mau cerita masalah yang lebih dalam,bisa email langsung juga kok.. :)
      Semangat terus kak! kita bisa sembuh!
      God Bless You

      Delete
    2. hai.. saya lagi search" lalu nemu blog ini, sekilas aku membaca dan ternyata istilah trichotillomania memang asing di telinga kita ya..
      aku juga baru tau ada istilah ini sejak aku kuliah psikologi.
      skrg apa ada tmn" yang tinggal di jakarta (jakbar), berniat untuk mencoba mengatasi permasalah kalian?
      karena saya sedang menyusun tesis yang berhubungan dengan trichotillo ini.. jika kalian berminat, bole hubungi saya di gunawan.elicha.gmail.com
      nanti akan aku bantu dengan proses terapi :)
      terima kasih atas perhatiannya kawan ^^

      Delete
  14. waktu SD lokasi favorit di depan pas atas kening,
    SMP lokasi favorit pindah ke belakang pas ubun2 sama diatas telinga,
    SMK lokasi favorit masih di ubun2, dan diatas kiri dan kanan mirip 2 mata sebesar koin 1000,
    kuliah masih di bikin mata kiri dan kanan ditambah ditengah mirip hidung...
    dan sampai sekarang punya mata dan hidung buatan yg tertutup

    klo udah bengkak tinggal kasih balsem atau tempelin koyo cabe..... rasanya gimana gituuu.....
    tapi klo udah bengkaknya hilang... tinggal rasa sesal dan berusaha ditutup tutupin

    jurus ampuh dan jitu... ambil beberapa kemiri.... bakar sampe setengah gosong... taruh diwadah dan haluskan sampai halus... usapkan kebagian yg pitak pitak.... lakukan tiap hari...
    3 bulan pasti tumbuh sempurna...

    ReplyDelete
    Replies
    1. met sore kak abu...
      makasih sudah share disini..:)
      trimakasih juga sudah kasih tips yang mungkin bisa membantu teman-teman yang lain..admin dulu juga pakai cara yang sama lho..pakai kemiri yang dibakar sampai keluar minyaknya..trus diusap-usap ke kulit kepala...memang hasilnya memuaskan..apalagi kalau dibantu sama lidah buaya...dipakai 1-setengah jam sebelum keramas..
      kalau pas bengkak,rasanya gatel banget kan ya kak?dikasih koyo apa ga panas?:O
      hahaha..iya,botakin kepala bisa..tapi kayaknya cuma cowo yang bisa praktek...cewe ya ga bisa kak...hehe
      but,makasih sekali kakak sudah mau share disini..:)
      smangat selalu!

      Delete
  15. ka kisaaaaaaaa aku nangis baca ini. aku kira cuma aku yg gila smp ngelakuin hal yg sama kaya ka kisa. aku gatau harus gimana lagi buat ngilangin kebiasaan buruk aku ini:'( kak plissss aku juga mau shaaare. aku msh sekolah kls 3 SMK aku mau sembuh kak:'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayu,trims banget udah mau bergabung disini....
      iyaaa....kita akan sering sharing2...jd jangan takut ya?
      karna kita semua disini ga sendirian..kita semua mengalami hal
      yang sama....
      kalau Ayu ingin sharing lebih dalam lagi, email admin aja ke
      souma_kisa@yahoo.com...
      nanti kita bisa saling tukar pengalaman... :)

      Delete
  16. ka kisaaaaaaaa aku nangis baca ini. aku kira cuma aku yg gila smp ngelakuin hal yg sama kaya ka kisa. aku gatau harus gimana lagi buat ngilangin kebiasaan buruk aku ini:'( kak plissss aku juga mau shaaare. aku msh sekolah kls 3 SMK aku mau sembuh kak:'(

    ReplyDelete
  17. cara menghilangkannya gampang...
    botakin kepalanya....
    jaga biar supaya botak sampai beberapa bulan
    otomatis kebiasaannya hilang...

    ReplyDelete
  18. Kisa dan Ayu untuk saling sharing boleh kah via email ke curhatpatty(at)gmail(dot)com

    Ditunggu ya pengen banget saling sharing atau siapapun yang mau ikutan sharing boleh berbagi cerita ttg trich

    Thank You

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims banget ya kak Patty...semangat terus ya..kita sama2 berusaha.. :)
      God Bless You...

      Delete
  19. Teman-teman yang terkasih,kalau berkenan kunjungi web yang ini juga ya..semoga bisa membantu.. God Bless You :) :
    http://all-about-trichotillomania.blogspot.com/2012/10/what-and-how-to-help.html

    ReplyDelete
  20. hai kisa... i'm back.. obatnya kl ndak salah anafranil namanya apa ya, aku agak lupa, tp please klo kisa/ teman2 mau mencoba minum obat, konsultasikan dlu sm psikiater, krn obatnya keras banget, aku sekali minum aja bis bikin sakit kepala hebat, setelah itu krn gak kuat efeknya aku berenti minum, thn 2008 harganya 1 resep 200rb an...
    kmungkinan dlm waktu dekat aku kmungkinan mau cb hipnoterapi, klo nanti jadi coba, aku laporan lg deh ke blog ini :-)
    pke wig awalnya gak nyaman n panas, tp lama2 ya apa blh buat deh, dipake lama2 jd biasa..

    ReplyDelete
  21. haaai, i'm trich too :)seneng deeh, ternyata saya gag sendirian. katanya salah satu terapi pertama adalah menceritakannya pada orang lain. semangat..semangat..kita pasti sembuh. kalau ada info-info terbaru saling share yuuk ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bisa balas sekarang...yup..tetep semangat ya! :D makasih turfa udah mau join disini.. :)

      Delete
  22. pas nyari2 solusi kepala pitak, eh ternyata ada penyakit trichotilloma. lebih kaget lagi ada kebiasaan sensasi nyabut rambut itu gangguan jiwa...semoga bisa sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. :) kalau pata ada saran dan solusi, share disini yaa...biar semuanya bisa terbantu... :)

      Delete
  23. ya allah aku fkir aku sendirian yg ngelakuin hal kya gtu ternyata bnyk teman2 juga yg seperti aku suka cabutin rambut sndri dan mmbuat kpala saya slama 12thun botak.
    salam knal smuanya ,,, aku adel dri bekasi,aku ngalamin hal itu dri semenjak aku sekolah kelas 3 sd smpe sekarang umur aku 21 thn dan aku ga prnah bisa buat berhentiin itu smua smpe saat ini, 6bln kmaren aku coba buat berhenti dan tiap mlm aku pijit kpala aku dengan minyak zaitun alhamdulilah rambut aku tumbuh lagi, tapi setelah itu aku ngalamin sakit bgt kpala aku smpe2 aku cabutin lgi smpe botak dan saat ini aku cuma bsa nangis nyeselin smua.a ,aku gg mau kya gini apa lagi aku juga pgn nikah dan ga mungkin dlam kondisi kpala aku seperti ini aku nikah...
    apalagi org tua aku ga prnh tau klo ternyata in smua adlah penyakit, ya allah aku bingung teman2 gmna cara nyembuhin.a aku cuma org susah yg gg mgkn bsa bayar untuk hipnoterapy dn prgi k psikiater.
    semangat truz teman2 smoga kita smua d beri anugrah sma tuhan agar cpt smbuh. aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn...maaf baru bisa balesnya...trimakasih banget adel sudah mau share disini...adel seumuran sama admin...jujur,admin sendiri pun sampai detik ini belum bisa berhenti...hampir stuck juga,tapi kalau cuma menyesali pun juga ga berguna...admin sadar,penyakit ini memang sulit sekali dihilangkan,tapi bukan berarti ga bisa....cuma tekad dan keyakinan yang bisa bantu kita..smangat ya adel! teman2 disini banyak juga yang sudah kasih tips dan saran...tapi kalu mau cerita lebih dalam,boleh banget kok kalau mau email ke admin.. :)
      souma_kisa@yahoo.com
      semangat ya!kita pasti bisa sembuh! ;)

      Delete
  24. hai.. saya lagi search" lalu nemu blog ini, sekilas aku membaca dan ternyata istilah trichotillomania memang asing di telinga kita ya..
    aku juga baru tau ada istilah ini sejak aku kuliah psikologi.
    skrg apa ada tmn" yang tinggal di jakarta (jakbar), berniat untuk mencoba mengatasi permasalah kalian?
    karena saya sedang menyusun tesis yang berhubungan dengan trichotillo ini.. jika kalian berminat, bole hubungi saya di gunawan.elicha.gmail.com
    nanti akan aku bantu dengan proses terapi :)
    terima kasih atas perhatiannya kawan ^^

    ReplyDelete
  25. sama bgt sama penderitaan ku selama ini(dr umur 10 thn smpai sekarang 33 thn) ,,sampai2 aku pernah d antar sm ayahku k dukun karna dikira kami itu bukan penyakit biasa.sekarang malah tambah parah, sampai2 anakku yg 5 thn ,slalu ngingetin kl tangan ku sudah beraksi d kepala,sampai dia bicara``ibu jng tarikin rambutnya aj, tuu kan d makan``(digigit maksudnya).aku slalu potong rambut pendek,selaluuuu.
    Aku cukup menderita mengenai ini,sampai berasumsi akuini kena penyakit app,apa ad orang lain spt aku,merasa sangat anehhhhh.apakah ada yang salah dalam diri saya.????
    aku baru berenti beraksi mencabuti rambutku, setelah sadar melihat banyak rambut d mana2,dan takut k tahuan sama orang lain.
    ada yang punya solusiii,

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoan, kmu mau coba untuk ak bantu dalam sesi terapi psikologi?
      klo berminat bole hubungi ak di gunawan.elicha@gmail.com
      terima kasih sebelumnya :)

      Delete
    2. Sama nih. Ka klo bs cara ngilanginny dishare disini biar smua bisa smbuh. Trimakasih

      Delete
    3. Maaf baru reply sekarang ya kak yoan....dan trimakasih sekali kakak sudah mau share disini...sebenarnya,masalah kakak hampir sama seperti yang dialami admin dan teman2 yang sudah share disini. sama juga,kita rata-rata bingung dengan solusinya..untuk sementara,solusi yang paling bisa membantu adalah terapi kak...tapi kalau belum bisa, mungkin kita bisa start dari perawatan rambutnya dulu...upayakan untuk bisa terus tumbuh...admin pernah diberitahu psikiater,katanya kita bisa sembuh total tanpa bantuan terapi atau obat apapun,tapi dibutuhkan tekad dan motivasi yang benar2 sekuat baja...karena sumbernya memang dari diri sendiri...
      tetap semangat ya kakak! :)
      kalau Kak Yoan ingin sharing2 yang lebih dalam,bisa kirim email ke admin di souma_kisa@yahoo.com
      semangat kak,kita pasti bisa sembuh! ;)

      Delete
  26. aku juga :(
    dari TK sampai sekarang aku masih mengidap gangguan aneh itu
    aku sendiri ga tau knp dan sering juga aku dimarahi bahkan dipukuli oleh ibuku karena prilaku ku itu. aku ingin sembuh tapi ga tau caranya gmn . ak pikir cuma aku yang mengidap penyakit aneh itu. dan aku juga baru tau sejak aku SMA kalo kebiasaan buruk ku itu adalah penyakit kejiwaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims Putriani sudah mau share disini.. :) admin pun begitu..sampai saat ini masih mengidap penyakit ini...dan sama juga,masih sering dimarahi ibu,karena ibu juga belum tau kalau ini penyakit...habisnya,admin masih takut buat cerita...
      tetap semangat ya Putri!
      Putri bisa baca comment2 di atas..ada beberapa solusi yang mungkin bisa membantu...
      semangat!!kita pasti bisa sembuh! :)

      Delete
  27. Teman-teman yang terkasih...admin nemu web yang mungkin bisa membantu.. :)
    dibuka yaa...
    http://m.clear.co.id/women/50-cara-mengatasi-trichotillomania-hair-pulling-disorder-c1c1de5.html

    ReplyDelete
  28. Ya ampun, saya kira sy kena penyakit kulit ternyata setelah sy baca tulisan dari admin, dari ciri2nya (rasa ingin mencabut sehelai rambut, dan rasa plonk dikepala sehabis dicabut)... saya juga mengidap penyakit trichotillomania ini.. sedih sih dengernya, sy kira cmn penyakit kulit biasa... dan sampai sekarang sy belum tau, apa bisa tumbuh lagi rambut sy yg udah dcabut??

    Cerita dikit, awal dr pentakit ini wktu sd krn insiden yg mengakibatkan kpla ku bocor, setelah sembuh rasanya kepalaku itu gatal sekali dan ingin banged dicabut rasanya, ya dari situ dari sd aku mulai suka cabut rambut, namun cabutnya (wktu sd) itu bisa 5 helai sekaligus... aneh memang tp rasanya dikepalaku itu tidak sakit.. sampai2 saat main diam sy cabutin rambut..
    Waktu smp kelas 1-2 entah kenapa hilang begitu aj, tp ketika kelas 3 kebiasaan itu mncul lg dn akhirnya aku malu sendiri krn tmn2 pd menghina dgn sebutan pitak.. dan sampai lulus smk, alhamdulillah intensitas kebiasaan cabut rambut ini berkurang drastis (tp masih ada dan waktunya random, biasanya kalo kepala berminyak atau kering sekali)..
    Tapi saya kesal, sedih, dan sekarang sy malu kalau org lain mellihat sy dr belakang.. kalau kepala saya pitak kira2 sebesar uang 100..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ulul..
      Terima kasih banget sudah mau berbagi cerita di sini...

      bicara soal kepala bocor nih, admin juga pernah lho..gara-gara ketabrak motor..dan rambut di sekitar jahitannya tu rontok sendiri..
      yang rada bikin malu nih, pas di ambulansnya ada yang nyukur rambut di sekitar luka, nah pas di RSnya waktu dokternya mau jahit kepala, dia bilang gini : "kok yang dicukur ada yang bukan pas lukanya ya?"
      wah..malu banget tu admin... >.<

      semangat terus ya Ulul..pasti bisa sembuh!!^^

      Delete
  29. aku dulu juga penderita Trichotillomania, tapi sekarang kebiasaan itu mulai menghilang atau bahkan sembuh.
    waktu SMP suka sekali mencabuti rambut sampe kepalaku hampir setengah botak, aku terus di marahin ibuku karna kebiasaan itu dan selalu ada rambut bertebaran di mana mana.. tapi entah kenapa itu gak bikin aku kapok karna sensasi mencabut rambut itu bikin ketagihan.

    tapi pada saat masuk SMA, aku memutuskan untuk belajar BERJILBAB. walaupun cuma di pakai waktu sekolah aja, dengan sendirinya sedikit demi sedikit aku berhasil mengurangi mencabut rambut dan lama kelamaan kebiasaan itu sembuh..

    selain itu juga benar benar menjaga rambut agar tetap bersih, jangan sampe berminyak apa lagi berketombe. karna kalau sudah berketombe rasanya gatal dan muncul keinginan untuk mencabut rambut kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo..
      trims banget sudah mau share disini...
      waaahh..selamat yaa...^^
      Admin juga terus berusaha buat sembuh ni..tapi belum bisa2.. :(

      Tapi admin akan terus berjuang!hehehe

      makasih ya Melodic Sky...sarannya sangat membantu..^^

      Delete
  30. haii halo halo.. pengen gabung, tapi bingung hehehe... saya juga salah satu yg pnya kebiasaan jelek gini nih. sya seorang ibu, umur 27 thn, punya jagoan cakep 1, namanya Abimanyu Muhammad AlFatih.
    Rasanya malu, ketika remaja, dewasa, pacaran, menikah, dan skarang udh pnya anak masih ngelakuin kebiasaan gini :( jujur sedih bgt. malu sama anak, kadang suka takut kalo suatu saat nanti Abi nanya, "bu, rambut ibu ko gitu??? :("
    Tapi, sama2 berjuang ngelawan kebiasaan ini ya :)

    ReplyDelete
  31. sabar z ya allah punya rencana bagus untuk qta semua

    ReplyDelete
  32. semangat yah..
    sedikit share nih..saya juga belakangan baru sadar mengidap trichotill, berhubung saya belajar di faklutas psikologi, persisi sekitar 3bulan yang lalu saya kaget kalo kebiasaan ini ternyata juga temasuk gangguan pengendalian impuls.hehe..setelah itu, saya pun berusaha mengurangi kebiasaan mencabuti rambut dengan melakukan aktivitas lain. dulu saya bahakan dalam keadaan tidur bisa mencabuti rambut2 saya loh :D
    sekalilagi semangat untuk memperbaiki yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Jesi. Thanks infonya di atas. Aku baru liat blog ini pas lagi nyari2 tentang kebiasaan mencabut rambut. Aku sendiri juga mengalaminya apalagi di saat lagi belajar paling parah. Ada saran ga apa yang sebaiknya aku lakuin buat ngehindar pas lagi belajar? Yang pastinya aku ga bisa lakuin aktifitas yang lain . :(. thank you

      Delete
  33. Halo, saya yulianty . Saya punya kebiasaan yg sama seperti itu . Sejak SD saya gemar menyabuti rambut, entah berawal dr apa tapi rasanya itu bikin ketagihan, sensasi nya itu lho ga nahan :'( pengen berhenti, tapi susah , pengen berubah tapi malah makin menjadi2.. Shock juga pas tau ternyata itu penyakit :( sempat pesimis tapi saya yakin selalu ada jalan untuk setiap masalah. Semoga kita semua yg mengalami hal serupa dapat terus semangat melawan penyakit ini :) pasti bisa dan harus bisa !! :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal ya Yulianty..
      terima kasih sudah share disini :)

      iya, admin juga shock waktu pertama tahu...

      siipp...pertahankan terus semangatnya ya! Pasti kita semua bisa sembuh!
      Ada niat pasti ada jalan..^^

      Delete
  34. aduuhh kak,makasih banget udah ngeshare tentang penyakit ini,sempet kaget juga sih,ternyata ini bukan cuma kebiasaan jelek melainkan penyakit,aku SMP kelas 2,sekarang rambut aku udah tipiiiiisss banget karna sering aku cabut terus pitak-pitak juga ..aku malu banget kalo ditanya kenapa rambut aku kaya gitu,bingung mau jawab apa..sekarang aku lagi nyoba buat berhenti,udah lumayan berkurang sih kebiasaanya ,

    kak,kira-kira rambut yang udah aku cabut bisa tumbuh lagi gak? kalo bisa sekitar berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ica...thanks sudah share disini...

      Wah, selamat yaa..kalau terus berusaha, pasti bisa sembuh total ^^

      kalau seumurmu, masih bisa banget kok dek.. rambut admin aja masih bisa tumbuh..hehehehe
      mungkin sebulan bisa sekitar 2cm..

      semangat terus yaaa...pasti bisa sembuh! =D

      Delete
  35. Assalamua'laikum
    iseng" nyari dampak mencabuti rambut trnyata mampir di blog ini, hehe ^^
    pertamanya kaget baca artikel ini kalo kebiasaan mencabuti rambut trnyata hal yang tidak lumrah(penyakit) dan saya kira cuma saya aja yg kayak gini. Saya sekitar 2thn terakhir ini juga begitu dan kadang" semakin parah *saking gatelnya pingin nyabut* sampe bikin kepala pusing :/ dlu sih rambut saya lebat tp krn kebiasaan buruk sya, lama" rambut saya jd kempis dan banyak bercabang, susah jg ngehentikannya, semakin ingin sekali berhenti jg malah semakin pngin lagi, memang bener" susah kalo ngehentikannya tp alhamdulillah klo saya pake kerudung, kebiasaan sy itu lngsung hilang, tp setelah lepas krudung, kebiasaan itu balik lg, jd kalo sy bener" gk pngen bgt nyabutin rambut, biasany saya tutupin rambut sy pake ikat kerudung atau kerudung, semoga kebiasaan kita yg buruk ini lambat laun brkurang ya, semangatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Alfiana sudah mau mampir sejenak di blog ini...hehehehe
      ternyata banyak yang mampir.. ^^

      Makasih juga buat sharing dan semangatnya yaa...


      Amiiinn...smangat,smangat terus!! Pasti kita semua bisa!! XD

      Delete
  36. Assallammu'alaikum wr.wb
    Saya juga dari SD suka sekali mencabut rambut sampai tengahnya botak,dan itu aku dalam keadaan gelisah,panik dan hal2 lain yg mengganggu hati jadi tak nyaman..
    saya juga blom pernah ke psikiater dan ahlinya.,..
    ternyata sakit ini banyak di derita prempuan,,,
    gmna caranya yaa,,saya juga sudah bersuami,sampai saat ini suami saya belum tahu caranya gmna ngatasin,,stiap saya melihat rambut saya dicabut,ada sensasi luar biasa,klo lihat botaknya sedihh,,,bingung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Hesty...
      salam kenal..

      terima kasih sekali sudah mau share di sini.. :)

      wah, sama Kak, admin juga mengalami hal yang serupa..huhuhuhu
      tapi tetep semangat yaa...karna teman2 lain juga pasti sedang berusaha.. kita berjuang bersama! :D
      coba lihat web ini ya Kak:
      http://m.clear.co.id/women/50-cara-mengatasi-trichotillomania-hair-pulling-disorder-c1c1de5.html

      semoga membantu..
      Keep trying!
      God Bless You...:)

      Delete
  37. Teman-teman sekalian, admin dapat tambahan informasi dari seseorang..ini dikirim langsung ke email admin...semoga berguna yaaa.... (mungkin buat admin akan sangat berguna banget, tapi belum sempat belinya..hehe)
    Semangat terus ya teman2!! Admin juga akan terus berusaha ^^
    God Bless You all

    To Me
    Mar 1 at 8:33 PM

    Aq awalnya ga tau klo aq kena trichotillomania..kebiasaan aq dmulai sejak kls 1 sd..wkt umurq 5 thn.skrg aq 29 lebih..dulu sih ga parah2 amat..tp sejak dtinggal ortu..bnyk pikiran/stress (ini faktor yg paling memicu)5-6 thn ini bahkan smp hmpir botak..mungkin ade bs share isi email q d web ade..ada website hypnotherapy..berbentuk cd..bs didengarkn drumah..aq blm nyoba tp rencana mau beli..websitenya www.terapiotak.com ada no hp bt konsultasi..hrga cdnya klo ga slh 95rb-120rb..mudahan membantu ya...soalnya aq dulu kaget klo trnyata ini penyakit kejiwaan..trims

    ReplyDelete
  38. Mba Luc, tadinya saya lagi go-go efek mencabuti rambut ngga nyangka nemu artikele mba trnyata saya tdk sendiri.... mungkin sy yg trparah .... lah wong sampe hari ini umur saya 4... anak pun sdh 3!

    Gmana sih ngapus adat jelek.ituu??
    Help
    Sos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba..
      coba cek disini yaaa : http://m.clear.co.id/women/50-cara-mengatasi-trichotillomania-hair-pulling-disorder-c1c1de5.html

      semoga membantu.. :)

      Delete
  39. hah? ternyata ga cuma aq ea ... kebiasaan dr sd sampe sudah kerja masih suka cabutin rambut klo lagi cemas ...... aq baru tau jg klo penyakit kejiwaan ,oh god

    ReplyDelete
  40. hai teman2 aku mau sedikit share yah... sama lho aku jg punya kelainan itu sejak SD kls 5, tp alhamdulilah sekarang aku sdh bisa menghentikan kebiasaan itu. cara ngobatinnya gak bisa pake obat dari dokter syaraf atau dokter jiwa sekalipun. awalnya karena keinginan untuk sembuh dan ingin menjadi normal seperti kebanyakan orang-orang, yang kedua dengan HYPNOTHERAPY, si terapis menggali dulu awal mula kita mulai mencabuti rambut dan di sugesti untuk menghilangkan pikiran itu. kemudian yang kedua ini yg paling penting, pemberian PERHATIAN, & KASIH SAYANG, rasa PENERIMAAN TULUS karena pada dasarnya kita itu sangat ingin di perhatikan, disayangi dan diterima bagaimanapun adanya kita...
    OKE guyss...Good Luck selamat berjuang...buktikan bahwa kita bisa melawan, WE MUST BE SURVIVE....WE CAN BE THE SIMILIAR HUMAN BEING LIKE EACH OTHER.... SEMANGATT......

    ReplyDelete
  41. Oh my god!!! Ternyataa ada temennya dan bukan hanya saya, tapi kenapa kebanyakan terjadi sama wanitaa?

    ReplyDelete